33. CARA SEDERHANA MENCARI PENGETAHUAN YANG NYATA

Pengetahuan yang nyatabenarnya, sering saya dapatkan dari kawan duduk saya, entah di kendaraan umum, di resto, atau dimana saja saya duduk bersama dengan individu lainnya, baik saya kenal, maupun tidak, atau, malah berlagak saja kenal, walaupun pada dasarnya ‘saya tidak kenal’.

Sudah saya bahas di blog terdahulu, bahwa saya mempercayai, individu dapat teraktualisasi pada usia 40 tahun. Oleh karenanya, saya sering bertanya pada kawan duduk saya, apa pesan dari ayah/ibunya ( yang pasti sudah mencapai usia lebih dari 40 tahun!), yang selalu diingatnya, karena, mungkin, pesan itu adalah pengetahuan yang nyatabenarnya dan sangat berharga.

Hari ini, Minggu 27 May 2012, saya mempunyai beberapa kawan duduk di Margo City, Depok, pada suatu acara ultah. Maka saya, seperti kebiasaan saya, setelah basa-basi, saya bertanya kepada seorang teman duduk di sebelah kanan saya, pertanyaan yang sering saya ajukan sejak mahasiswa, demi mendapat ilmu yang nyatabenarnya. Salah satu bentuk pertanyaan itu adalah:

“Adakah pesan dari orang tua yang selalu kamu ingat?” Kawan itu mengatakan banyak. Saya memintanya untuk memberitahu saya. Dia mengatakan bahwa orang tuanya berpesan,

Untuk Menerima Apa Yang Dia Dapat Dan Kemudian Bersyukur Atas Apa Yang Telah Dia Dapatkan.

Seketika itu juga saya meminta izinnya untuk membagi pesan itu, dan pembicaraan lainnya di blog saya, karena pesan itu adalah pengetahuan yang nyatabenarnya, yang berhubungan dengan upload terakhir saya yang ke 32 yang berjudul : 32. TINGKAHLAKU DAN KELAYAKAN KEHIDUPAN.

Sayangnya, kawan duduk di depan saya, ketika saya bertanya pertanyaan yang sama dengan kawan duduk di sebelah kanan saya, hanya menjawab: Itu untuk diri saya sendiri, orang lain tidak boleh tahu. Andainya pesan itu adalah ilmu pengetahuan yang nyatabenarnya, sayang sekali saya tidak mendapatkannya dan menyebar-luaskannya.

Mengapa pesan: Untuk Menerima Apa Yang Dia Dapat Dan Kemudian Bersyukur Atas Apa Yang Telah Dia Dapatkan, adalah pengetahuan yang nyatabenarnya? Karena:

  1. Menerima apa yang kita dapatkan: Lihat pembahasan saya pada blog no 32. TINGKAHLAKU DAN KELAYAKAN KEHIDUPAN.
  2. Yang no 2, anda fikirkan sendiri ya… Soalnya, kalau anda tidak berfikir, nanti anda dibilang tidak punya fikiran….Hahahaha… Biarlah saya tulis saja sekalian yang no.2: Bersyukur atas apa yang kita dapatkan. Patutkah saya bersyukur atas apa yang saya dapatkan? Tentu. Saya mendapat rumah warisan, mendapat waktu, tenaga, fikiran, bimbingan dan dana secara gratis dari orang tua saya dalam rangka menumbuh-kembangkan saya. Jadi, bukankah kita patut selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan? Ayoooo…. Kooorrr…..  Jawab saja: Yaaa……. Tidak usah difikir lageeeee..

Pengetahuan yang nyatabenarnya, sering saya dapatkan dengan cara yang sangat sederhana, dari orang-orang bersahaja, yang membagi pengetahuannya, seperti kawan duduk di sebelah kanan saya, yang baru saja saya mengenal namanya. Dahulu sekali, dia kawan sekolah saya, tetapi faktanya, dahulu sekali, saya tidak pernah berkomunikasi satu kata, bahkan satu hurufpun kepadanya. Tetapi, faktanya juga, saya malah ’mendengar paling banyak darinya”.

Saya ingin bertanya kepada anda, darimana anda mendapat pengetahuan? Dari buku? Apa anda rajin ke toko buku dan membeli buku! Dari Internet? Apa anda fokus mencarinya…. dari sekolah? Apakah anda serius menuntut ilmu….. Yang nyatabenarnya bagi saya, pengetahuan tambahan itu dapat berasal dari individu lainnya, yang mempunyai ilmu yang nyatabenarnya.

Tulisan ini, saya didikasikan kepada semua individu yang saya kenal maupun tidak, yang sering dalam waktu singkat, memberi saya pengetahuan yang nyatabenarnya, yang saya tidak pernah mendapatkannya secara formal di sekolah.

Sambil Tertawa, Mendapat Ilmu Yang Nyata

Adik saya serumah, semuanya 3, semuanya wanita. Mereka berbincang:

A: Enak ya Pacaran sama si A, Ortunya punya Bank.

B: So Pasti…..Tajir banget, uangnya banyaaakkkkk….

Bapak Saya : Pacaran saja sama bapaknya Si A….. pasti uangnya lebih banyak lagi…..

Anak-anaknya terbahak berjamaah: Hahahahahahaaaaa……

Anda tidak usah tertawa…. dah telaaatttt tauuuuu……. itu sekira 30 tahun yang lalu!

Upload saya selanjutnya:

34. SIAPAKAH YANG MEMBIMBING ANDA KETIKA ANDA TUA?

Selamat bertanya-tanya, bertanya-tanya agar selamat……..Slamet jangan terus nanya dooonggg……. capek saya Hahahaha……… Dah Slamet kok masih nanya……….

Salam.Hilal Achmar

27 May 2012. 10:49

Advertisements

2 thoughts on “33. CARA SEDERHANA MENCARI PENGETAHUAN YANG NYATA

  1. disnaeny says:

    SUKSES ITU SEDERHANA

    Sukses tdk ada hubungannya dgn menjd kaya raya. Sukses itu tdk perlu di kejar. SUKSES itu adalah ANDA! Karena kesuksesan terbesar ada pada diri Anda sendiri..

    Bagaimana anda tercipta dari pertarungan jutaan sperma utk membuahi 1 ovum, itu adalah sukses PERTAMA anda!

    Bagaimana anda bisa lahir dgn anggota tubuh sempurna tanpa cacat, itulah kesuksesan anda KEDUA!

    Ketika anda ke sekolah bahkan bs menikmati sampai studi S1, di saat yg sama setiap menit ada 10 siswa drop out krn tdk mampu bayar biaya sekolah, itulah sukses anda KETIGA!

    Ketika anda bisa bkrja d perusahaan, di saat yg sama 46 juta org menjd pengangguran, itulah kesuksesan anda KEEMPAT!

    Ketika anda msh bs makan 3X sehari, di saat ada 3 juta org mati kelaparan setiap bulannya itulah kesuksesan anda yg KELIMA!

    Sukses terjadi setiap hari …Namun anda tidak pernah menyadarinya.

    Sukses tidak melulu soal harta, rumah mewah,mobil sport, jam rolex, travelling , pengusaha, punya kolam renang/helikopter, punya istri cantik spt Donald Trump & resort mewah di Karibia…atau suami/cowo ganteng keren spt Tom cruise..

    Sukses sejati seaslinya adalah “HIDUP DG PENUH SYUKUR”
    HIDUP BAHAGIA ialah mensyukuri sesuatu dalam hidup.

    ma’af sekedar sharing dari pemikiran yg amat sangat sederhana dari saya… eat, pray & work..

    • Tinjauan Pengetahuan Yang Nyatabenarnya tentang SUKSES ITU SEDERHANA.
      1. SUKSES ITU SEDERHANA
      Comment: Apa benar? Lihat posting saya di blog ini tentang KESUKSESAN.
      2. Sukses tdk ada hubungannya dgn menjd kaya raya. Sukses itu tdk perlu di kejar. SUKSES itu adalah ANDA! Karena kesuksesan terbesar ada pada diri Anda sendiri..
      Comment: Pesimis amat! Emang sukses sambil jadi kaya buruk apa? Apa haram? Hehehe… Masa sih sukses ga perlu dikejar… ayam aja yang gak mikirin generasi penerusnya (mungkin, gak ngerti bahasa ayam…), rajin ngejar sukses (cari makan, melindungi anak, membuat sarang telur dlsb). Masa kalah sama ayam……
      3. Bagaimana anda tercipta dari pertarungan jutaan sperma utk membuahi 1 ovum, itu adalah sukses PERTAMA anda!
      Comment: Masa? Lha jutaan orang yang mati bunuh diri, ingin mati tapi ga berani (kaya di lagu itu….), orang yang bosan hidup, Apa termasuk sukses? Hihihi….
      4. Bagaimana anda bisa lahir dgn anggota tubuh sempurna tanpa cacat, itulah kesuksesan anda KEDUA!
      Comment: Bagaimana dengan tangan dan kaki yang suka mencuri (di Arab dipotong), telinga yang tidak mau mendengar, mulut yang suka…. Jadi, sebenarnya apa sih yang mau dikatakan oleh penulis ASLI: Sukses Itu Sederhana? D:
      5. Ketika anda ke sekolah bahkan bs menikmati sampai studi S1, di saat yg sama setiap menit ada 10 siswa drop out krn tdk mampu bayar biaya sekolah, itulah sukses anda KETIGA!
      Comment: Kejamnya dikau, merasa sukses karena orang lain gagal! Hihihihi….
      6. Ketika anda bisa bkrja d perusahaan, di saat yg sama 46 juta org menjd pengangguran, itulah kesuksesan anda KEEMPAT!
      Comment: Kejamnya dikau, merasa sukses karena orang lain nganggur………….
      7. Ketika anda msh bs makan 3X sehari, di saat ada 3 juta org mati kelaparan setiap bulannya itulah kesuksesan anda yg KELIMA!
      Comment: Kejamnya dikau, merasa sukses karena orang lain mati kelaparan……..
      8. Sukses terjadi setiap hari …Namun anda tidak pernah menyadarinya.
      Comment: Sukses karena orang lain drop-out? Sukses karena orang lain jadi pengangguran? Sukses karena orang lain kelaparan? Itu mah bukan sukses mbak…..
      9. Sukses tidak melulu soal harta, rumah mewah,mobil sport, jam rolex, travelling , pengusaha, punya kolam renang/helikopter, punya istri cantik spt Donald Trump & resort mewah di Karibia…atau suami/cowo ganteng keren spt Tom cruise..Sukses sejati seaslinya adalah “HIDUP DG PENUH SYUKUR”. HIDUP BAHAGIA ialah mensyukuri sesuatu dalam hidup.
      Comment: Emang haram sukses punya: harta, rumah mewah,mobil sport, jam rolex, travelling , pengusaha, punya kolam renang/helikopter, punya istri cantik spt Donald Trump & resort mewah di Karibia…atau suami/cowo ganteng keren spt Tom cruise.. Gak haram mbak….. sadarlah mbaaakkkkk…. hehehehe….. Hidup dengan penuh syukur, comment saya lihat posting saya di blog ini tentang: BERSYUKUR.
      10. ma’af sekedar sharing dari pemikiran yg amat sangat sederhana dari saya… eat, pray & work..
      Comment: Benarkah statement: dari pemikiran yg amat sangat sederhana dari saya? Sebenarnya, apa yang akan dikatakan penulis? Apa sih kriteria sukses yang ada dalam fikiran penulis? Apa itu bersyukur? Bagaimana cara bersyukur? Apa gunanya bersyukur?

      Reply dari comment ini, saya tulis, agar anda semua, mengetahui bagaimana caranya membahas suatu masalah dengan berfikir yang nyatabenarnya. Saya tidak ingin bertentangan dengan semua orang. Saya hanya memberi pandangan, bagaimana pengetahuan yang nyatabenarnya membahas suatu masalah. Kalau ternyata pandangan yang nyatabenarnya, bertolak belakang dengan statement seseorang, itu adalah pertentangan pengetahuan, bukan pertentangan penulisnya dan saya. Anda boleh menentang saya selamanya, demi membuat valid ilmu yang telah saya tekuni, karena, saya juga bisa buaaanyaaak salah. Koreksi ilmu yang salah menjadi penting demi: MEMBERI INFORMASI ILMU YANG BENAR KEPADA GENERASI PENERUS ANDA DAN SAYA>

      Bagaimanapun, saya berterima kasih, anda telah memberi comment pada tulisan saya. Bersusah payah, memberi waktu, tenaga dan fikiran untuk blog saya yang berthema Pengetahuan Yang Nyatabenarnya. Juga, saya merasa, saya menulis dengan gaya otoriter, mohon dimaklumi dan dimaafkan kesalahan saya. Kalau anda sedari kecil selalu berfikir tentang yang nyatabenarnya, maka, karena merasa terbiasa dengan ‘yang benar’, maka anda akan terbiasa juga ‘menolak yang tidak benar’.

      Tidak ada maksud lain dalam membuat blog ini. Saya ingin pemikiran yang nyata benarnya, akan menghiasi kehidupan kita. Semua manusia pasti punya salah, dan kesalahan yang terjadi karena: tidak berfikir dengan pengetahuan yang nyatabenarnya.

      Blog saya, tidak dipublikasikan secara terus-terang. Yang saya beri alamat blog saya hanya 3 orang… yang terakhir, kemarin hari minggu tgl. 03 juni 12.Saya juga mohon maaf kepada segenap orang yang mengenal saya, tentang kesalahan yang saya perbuat dan janji yang tidak bisa saya tepati, semua adalah salah saya, dan saya dengan tulus memohon maaf. Juga saya nyatakan bagi semua orang yang mengenal saya: Anda semua tidak mempunyai kesalahan terhadap saya…. Senang berkawan dengan anda.

      Salam Sukses. Kalau dah sukses, nanti saya salami. Hilal Achmar.
      04 Juni 12. 13.31

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s