020. METASCIENCE DERAJAT MANUSIA

Pangkat, Jabatan dan Kedudukan adalah imingan yang sangat menarik hati manusia. Ketiga imingan itu dapat anda kejar, atau, seketika anda diberi tatkala famili anda mencapai pangkat, jabatan dan kedudukan yang tinggi. Misalnya, anda tiba-tiba jadi menteri, karena presiden baru kebetulan kenalan anda.

Derajat manusia yang akan kita bahas, adalah derajat manusia secara universal, yang bisa dikejar sendiri oleh individu, dan tidak bisa diberikan oleh individu lainnya. Misalnya Hilal Achmar,  Jendral Bintang Lima, Jabatan Panglima, Kedudukan dekat dengan Raja, dapat dianugerahkan Raja kepada Saya. Tetapi raja tidak dapat menganugerahkan saya : Hilal Achmar, Manusia Berderajat Tinggi!

Yang saya ingin katakan adalah, Derajat manusia, tidak dapat diberikan oleh individu, atau kelompok individu. Kita definisikan, mudahnya saja: Ketinggian Derajat Manusia, dianugerahkan oleh Tuhan.

Setelah beberapa posting, jelaslah, apa yang saya bahas adalah ilmu yang bertradisi Timur. Saya tidak antipati dengan ilmu yang berasal dari tradisi barat. Ilmu yang bertradisi timur, menurut saya, ilmu yang mengakui Tuhan Sebagai Sumber dari Segala Sumber, termasuk Ilmu Pengetahuan. Saya buktikan secara sangat sederhana: segala tindak anda dalam kehidupan anda sebagai orang timur, selalu terkait dengan Tuhan. Misalnya saja dalam facebook, GBU, Salam, sering ikut dalam status yang di upload. Dan contoh lainnya, seperti makan dan menjelang tidur, kita selalu ingat Tuhan, sebagai orang Timur.

Derajat yang tinggi, yang diakui secara universal, baik di negeri barat atau timur, dapat dicapai dengan banyak cara, dan tingkahlaku yang juga diakui secara universal. Saya akan memberikan satu dari banyak cara mencapai derajat yang tinggi.

JEDA

Jeda artinya berhenti sejenak. Coffee Break itu artinya berhenti sejenak dari kegiatan yang beruntun dalam satu hari. Contoh jeda, anda dengan santai duduk nyaman, sambil menikmati minuman dan penganan ringan. Boleh di Cafe, boleh di teras atau beranda rumah anda. Kemudian tanyakan pada diri anda sendiri pertanyaan berkualitas (rendah) ini. Anda mungkin punya pertanyaan yang berkualitas sangat tinggi.

1. Sesibuk apakah saya, sehingga tidak dapat jeda?. 2. Sarapan, lunch, semua nikmat. Apakah saya telah berterima kasih pada Tuhan hari ini?. 3. Apakah hari ini, atau tahun ini, saya telah banyak berguna untuk orang lain? Dan banyak pertanyaan lainnya.

Yang saya ingin katakan adalah: Bukan kerja smart, bahkan ditambah lagi dengan kerja keras dalam mengejar pangkat, jabatan, dan kedudukan yang menyebabkan anda berderajat tinggi…..

Justru, Dengan Jedalah, Yang Kelihatannya Santai, Anda Berkesempatan Mencapai Derajat Yang Tinggi.

Selamat Jeda. Salam. Hilal Achmar.

 



 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s