XVII. METASCIENCE SANG PEMENANG

Mohon maaf, posting saya memang ditulis dengan tidak mengindahkan kaidah-kaidah penulisan ilmiah. Saya memang tidak dalam tugas menulis buku bukan? Ini adalah posting yang ke 17.

Semua orang mendambakan menjadi Sang Pemenang dalam segala bidang yang digelutinya. Psikologi menyatakan, bahwa manusia dapat berkembang kesegala arah, dengan persiapan yang matang. Untuk dapat berkembang kesegala arah, kita memang harus menuntut diri kita yang keras-keras…………

Kegagalan, seringkali dialami individu yang tidak keras menuntut dirinya.

Saya ingatkan kembali tentang kapasitas yang dipunyai seorang individu dalam pembelajaran, dan kapasitas diri kita sendiri, dalam mencapai kondisi yang kita inginkan. Saya senang main catur, seringkali menjadi juara, baik perseorangan atau beregu, karena saya mengetahui, dibidang caturlah saya dapat menjadi juara!

Anda tidak perlu bertarung di ring tinju untuk menjadi juara.

Tapi, anda harus bertarung dibidang lainnya, yang memungkinkan anda menjadi juara! Sampai berusia 30 tahun, saya masih bertarung untuk mendapatkan gelar juara catur, terlebih lagi untuk memperkokoh sisi psikologis saya.

Bapak saya menjuluki saya Si Kura-kura. Siapa binatang tercerdik dalam fabel Indonesia? Kancil? Salah. Yang tercerdik adalah kura-kura. Dalam seluruh Fabel tentang Kancil, hanya kura-kura yang dapat menandingi kecerdikan kancil. Inilah kisahnya:

Kancil yang langsing dan cepat, menantang kura-kura untuk balapan lari. Kura-kura setuju. Esok harinya, pertandingan diselenggarakan. Kura-kura berkata pada kancil di garis start, bahwa ia akan berlari di balik semak, karena malu, dirinya sangat lambat (dasar lelet!). Kancil setuju, karena pasti menang! Padahal, banyak kura-kura telah berbaris dari garis start sampai finish. Ketika pertandingan dimulai, kancil lari sekuat tenaga, tapi kura-kura itu selalu muncul didepannya, untuk masuk kembali ke semak. Sampai 10 langkah kancil mendekati finish, keluarlah kura-kura yang berada dibaris  terdepan, 2 langkah dari garis finish. Satu langkah, dua langkah, maka kura-kura melewati garis finish lebih dahulu dari kancil. Kura-kuralah Sang Pemenang. Yang saya ingin katakan adalah:

Untuk menang, Selain Visi dan Misi, Anda Harus Ahli Taktik & Ahli Strategi. Pertarungan Sebenarnya Adalah Pertarungan antara Taktik & Strategi. Itulah Yang Akan Mengantarkan Anda Menjadi  Sang Pemenang.

Salam Strategi. Hilal Achmar

 

 

 

Leave a Reply

