XVI. METASCIENCE MATEMATIKA

Matematika science menggunakan akal logika. Matematika metascience, menggunakan akal logika dan akal nalar budi. Waktu di Yogyakarta, saya mendengar quiz dari radio Geronimo, yang kira-kira bunyinya: Kalau 100 orang prajurit yang berperang, gugur satu orang, berapa yang tinggal? Benar! Jawabannya 1.099 orang. Bukankan mati 1 tumbuh seribu? Ini bukan pribahasa, tapi benar-benar terjadi. Kalau penduduk dunia bertambah terus, itu berarti, mati satu, lahir tiga atau empat atau lima, atau berapa? Kalau penduduk dunia 6,7 Miliar, mati 700 juta, tinggal berapa? Jawabnya, malahan lebih dari 6 miliar.  Walaupun anda mempunyai uang 6 miliar rupiah, jika ditelaah oleh akal budi, anda sebenarnya tidak berkuasa atas seluruh uang yang 6 miliar itu!. Setara dengan, walaupun anda katakan, dia istri anda, anda tidak berkuasa penuh bukan? Yang saya ingin katakan sekali lagi adalah:

Ada banyak kebenaran. Dua diantaranya adalah Kebenaran akal logika dan kebenaran interaksi antara akal logika dan akal budi.

Jika anda mempunyai uang 100 juta, anda menyumbang orang miskin 10 juta, uang anda tinggal 90 juta menurut matematika. Menurut metascience, uang yang ada pada anda itu, belum lagi bermanfaat. Uang 10 juta yang anda sumbangkan telah bermanfaat bagi orang miskin. Manfaat uang yang anda sumbangkan itulah yang akan kembali kepada anda, Manfaat itu akan datang kepada anda yang bisa dalam bentuk kelipatan yang sangat banyak dari 10 juta yang anda sumbangkan! Saya meyakininya……

Jadikanlah memberi, bukan menerima, sebagai salah satu kontributor kesehatsejahteraan anda.

Salam Sejahtera. Hilal Achmar.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s