Gallery

X. ENERGY METASCIENCE: ANDA DAPAT MENGELILINGI DUNIA DENGAN SEUTAS IJUK.

Contoh mengelilingi dunia dengan sapu, anda dapat menyaksikan film Harry Potter. Ya, film itu dongeng belaka. Yang sedang saya bicarakan dalam beberapa posting metascience adalah realitas. Anda, saya, benar-benar dapat mengelilingi dunia dengan seutas ijuk. Ijuk itu, yang dibuat sapu. Apakah benar demikian? Saya ambilkan beberapa usaha metascience saya, baik yang berupa trigger untuk seseorang, maupun trigger untuk diri saya sendiri.

Kekacauan 1998.

Jatuhnya orde baru dan dimulainya era reformasi. Mulailah demokrasi. Akibatnya? Hampir setiap hari terjadi pemogokan, aksi demo, dan hampir setiap hari juga banyak pabrik yang bangkrut dan tutup. Saya, lebih memilih bekerja di Industri, atau mendirikan perusahaan sendiri, daripada pilihan menjadi dosen. Alasannya, pada masa orde baru, industri dilindungi, dan saya agaknya, dituntun untuk mendalami metascience.

Di pabrik tempat saya bekerja, juga terjadi aksi demo karyawan terhadap perusahaan. Kebetulan terjadi pada divisi saya. Ada 3 divisi, kira-kira jumlah totalnya 6.000 orang. Sudah 2 hari karyawan demo. Saya waktu itu, tidak diajak ikut serta dalam menangani demo tersebut. Beberapa orang Pemimpin perusahaan sibuk menangani demo, sudah jam sekira 16.00 sore, saya melihat, belum ada tanda-tanda demo mereda. Suara riuh-rendah..

Saya menghadap pemimpin tertinggi, yang sedang duduk dimejanya. Saya katakan, saya dapat membuat mereka, ribuan orang karyawan, masuk esok hari. Dengan catatan: Saya sendiri yang menangani demo, dan tidak boleh seorang pun ikut campur.

Jam 23.00 malam, saya mulai berunding dengan pengurus SPSI. Ada 10 tuntutan. Dua tuntutannya adalah: 1. Memperbaiki kondisi mushalla. 2. Tour Karyawan setiap tahun. Saya hanya memenuhi dua tuntutan itu. Tuntutan lainnya, seperti kenaikan uang makan, transport, dan lain-lainnya tidak saya penuhi. Saya mengetahui, karyawan saya tidak kurang suatu yang berarti. Gaji sesuai UMR, take home pay, yang dibawa pulang bisa 2-3 x lipat UMR! Mengapa mushalla saya kabulkan? Karena saya bergerak dalam bidang metascience! Dan santapan rohani manusia, sering banyak didapat di mushalla itu. Mengapa saya mengabulkan tour? Rasa senang. Setelah lelah bekerja………

Apa yang saya ingin katakan: Seringkali, masalah diselesaikan jauh lebih mudah dengan metascience! Mengapa tour? Hanya ada dua perasaan manusia: Senang dan benci. Marah, cinta, kasih, sayang, rindu, iri, dengki, cemburu, gundah, dan segala macam perasaan yang diungkapkan, dapat dimasukkan ke dalam kategori senang atau benci. Kalau anda bekerja dengan begitu banyak orang, dengan sendirinya anda akan menjadi ahli menangani masalah yang timbul dalam segala komunitas. Pada kenyataannya, kami tidak pernah tour kemana-mana. Saya membuat pertunjukan musik di perusahaan, pesta besar. Saya senang, anak-anak, karyawan senang. Saya bahagia menjadi bagian dari mereka. Satu unggkapan dari saya tentang metascience:

Lama saya mencarinya. Yang saya cari, tidak pernah menampakkan diri. Ternyata, yang saya cari, ada dalam diri saya sendiri.

Kalau anda mengenal diri anda sendiri, anda akan mudah mengenal saya, dan seluruh individu lainnya…………

Anda Dapat Mengelilingi Dunia Dengan Seutas Ijuk

Hari yang berat bagi saya, ketika harus memecat seseorang. Hari itu sekitar tahun 1999, saya memecat seorang kolonel purnawirawan yang bertugas sebagai komandan satpam. Dia tidak mau dipecat/PHK, karena memang dia tidak bersalah apa-apa, juga, dia tidak berkelakuan buruk, kelakuannya biasa saja. Saya harus memPHK nya karena suatu alasan keuangan. Ketegangan berlangsung. Saya minta intermezzo. Saya bercerita, bahwa, saat itu, jarang yang mempunyai mobil. Hanya 2% x 200 juta lah = 2.000.000 orang saja yang punya mobil. Lebih jarang lagi yang mempunyai mobil bak atau mobil box.  Saya katakan, bahwa, barang produksi dari pedesaan yang murah, membutuhkan mobil untuk mengangkutnya. Pak Kolonel mendapat daya dari saya. Ia menerima PHK, dengan pesangon yang cukup untuk membeli mobil bak.

Sekira 3 bulan kemudian, dia datang menemui saya. Dia bercerita, dia membeli mobil bak, mengangkut produksi dari pinggiran ke kota. Karena kemudian dia tahu pasar barang produk yang diangkutnya, dia kemudian memproduksi sendiri. Dia katakan, penghasilannya lebih tinggi dari gajinya semasa bekerja. Saya mengucap syukur. Dia membuat segala peralatan yang dibuat dari ijuk! Kini, sudah 12 tahun, entah pabrik apa lagi yang sudah dia dirikan…… Dia akan mengelilingi dunia dengan seutas ijuknya.……..

Trigger dan Keterdesakan, tidak hanya membuat anda dapat bangkit, melainkan terbang!

Contoh yang sangat sederhana. Makin nanti, tentu makin tidak sederhana. Seseorang, sedang menjalani energy metascience yang saya triggerkan kepadanya, mudah-mudahan, dia akan sukses. Saya akan menulis, atas persetujuannya, secepatnya, walaupun dia baru memulai karya dan ciptanya yang baru….

Salam. Hilal Achmar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s