VII. METASCIENCE HARI INI

Metascience masih dipandang sebelah mata. Kalau bahan ajar, ada. Tetapi tidak fokus. Tidak ada fakultasnya di Indonesia! Mungkin manusia tidak lagi ingin belajar ilmu yang “meta”, sibuk pada era globalisasi kini.

Kalau ingin pandai, tentu manusia harus belajar. Mengapa, ada manusia yang belajar pagi sore siang malam tidak menjadi genius? Sebabnya adalah: 1. Pada dasarnya mereka itu bukan genius. Atau 2. Mereka tidak mampu menemukan kegeniusan dalam diri mereka! Metascience dalam pembelajaran, tidak hanya mengakui manusia genius karena pada dasarnya, tetapi juga mengakui manusia dapat menjadi genius karena ‘kesadarannya’.

Kebalikannya adalah, mengapa manusia yang menggunakan waktu untuk belajar sedikit saja, kelihatan begitu genius dalam kehidupannya? Atau manusia yang menggunakan sedikit saja waktunya untuk bekerja, dapat menjadi kaya raya? Mengapa manusia yang secara fisik tidak menarik, menjadi idola? Mengapa anak yang nakal pada waktu SMA menjadi kiai? Mengapa anak yang dianggap bodoh waktu kuliah menjadi publik figur, atau mengapa teman SMA yang digadang-gadang kini terpuruk? Science bisa menerangkannya dengan sejuta argumen, lalu dibantah lagi dengan sejuta argumen. Metascience akan membahas segala hal yang tidak dapat diproses oleh daya fikir rasional dan logika.

Metasicience hari ini akan membahas:

1. Templat Manusia. 2. Setiap manusia mempunyai template dasar untuk menjadi sehatsejahtera. 3. Petunjuk teknis agar template tersebut tersadari. 4. Metode penyerapan ilmu untuk template. 5. Hubungan ilmu yang tersimpan dalam template pada tingkahlaku dan kesehatsejahteraan.

Saya mempunyai keterbatasan waktu. Tentu saya tidak akan menulis lebih panjang, jika dianggap tidak bermanfaat, atau anda tidak akan membaca pengetahuan yang tidak ada manfaatnya bagi anda. Saya hanya sekadar berbagi metascience yang saya pelajari sejak kelas II SD. Jika anda tertarik, saya akan membahas lebih panjang, tentu dengan tidak panjang lebar. Jika anda inginkan pembahasan yang panjang lebar, silakan mengirim alamat email anda, atau mengikuti forum metascience off air yang saya pimpin, atau memberi comment. Terima Kasih. Salam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s