V. PENGAKUAN METASCIENCE DALAM HUMAN BEHAVIOUR

Tingkahlaku manusia, secara metascience, mudah dipelajari. Singkatnya, ada dua golongan besar saja tingkahlaku manusia: 1. Baik. 2. Buruk. Lebih jauh tentang tingkahlaku, yang menyebabkan tingkahlaku anda menjadi baik, silakan anda merujuk pada science filsafat, psikologi, atau psikiatri yang telah banyak beredar textbooknya. Membicarakan science tingkahlaku manusia, bukan inti bahasan kita kali ini. Yang kita akan bahas adalah, human behaviour menurut metascience.

HILAL AXIOMA: TINGKAHLAKU YANG BAIK, HANYA DIDAPAT PADA INDIVIDU YANG SEHAT SEJAHTERA.

Ini axioma saya. Bantahan bisa saja terjadi, baik datang dari science, maupun metascience sendiri. Bagaimana bisa, individu yang jelas-jelas terlihat tidak sehatsejahtera, mempunyai tingkahlaku yang baik? Menurut axioma ini, kita akan sia-sia saja, jika ingin merubah tingkahlaku yang buruk dari individu / masyarakat, kalau individu-individunya belum sehatsejahtera!

Secara science, agar mereka sehatsejahtera misalnya: Berikan segala bantuan, sediakan mereka lapangan pekerjaan, dirikan pabrik padat karya, berikan pelatihan praktis, beri pengetahuan tentang kerja, lapangan kerja dan kesehatsejahteraan.Secara metascience, agar mereka sehatsejahtera misalnya: Kita menganjurkan mereka untuk memberikan bantuan kepada individu lain, baik berupa tenaga, fikiran, uang, atau waktu. Kira-kira saja, apa yang terjadi? Dari 1.000 individu, anda beruntung, kalau 1 individu saja mengikuti saran anda, agar diri mereka sehatsejahtera. Ini membuktikan bahwa, pada individu yang tidak beruntung dalam kesehatsejahteraan, hampir tidak ditemui adanya tingkahlaku yang baik.

Sekarang, secara metascience, kita akan menganjurkan, sekelompok individu yang kelihatannya sehat sejahtera, agar lebih sehatsejahtera lagi, dengan jalan menolong individu lain yang kurang beruntung. Kira-kira saja, dari 50 orang kawan anda dan anda, berapa yang mau menolong? Ya, sekira 1 atau 2, atau 5 orang pasti mau.

Begitulah alasannya, mengapa orang kaya, bertambah kaya, karena mereka bertingkahlaku baik. Memberi adalah salah satu jalan menjadi sehatsejahtera dalam metascience, hukumnya harus! Sehatsejahtera, adalah dasar dari segala tingkahlaku yang baik. Menjadi sejahtera dengan jalan metascience, saya fikir, dibahas tersendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s