IV. SPIRITUAL DALAM TINGKAHLAKU MANUSIA

Spiritual baru diyakini perannya pada tahun-tahun belakangan ini dalam science bertradisi barat! Kalau di Indonesia dari zaman purbakala dulu, sudah diakui adanya. Di pantai selatan jawa, orang pasti ‘kenal’ dengan Sang Nyai Roro Kidul. Percaya atau tidak, mereka pasti ‘kenal’. Misalnya, dia cantik, punya kerajaan, atau minimal punya nama!

Spiritual adalah bagian dari metascience, yang sampai saat ini, banyak sarjana bertradisi barat, tidak mengerti-mengerti, maksud dan tujuan orang-orang timur mengambil spiritual dalam hidup dan keseharian kehidupannya. Mungkin lucu bagi ilmuwan bertradisi barat, melihat orang timur, atau orang Indonesia, mulutnya komat-kamit terus. Mau naik kendaraan berdoa, mau makan berdo’a, mau tidur berdo’a, bangun tidur berdo’a, mau ujian berdo’a, ingin naik jabatan berdo’a.

Metascience mengambil bagian dalam menerangkan spiritual manusia. Saya akan membatasi pembahasan spiritual dalam metascience yang berhubungan dengan locus/tempat dan fungsi dari:

1. Ruh

2. Jiwa

3. Hati

4. Akal Logika

5. Akal Nalar

Saya ingin bertanya dulu, apakah fungsi ruh itu dan dimana tempatnya? Tinggalkanlah pesan anda, sebelum saya menguraikan fungsi dan locus/tempat kelima materi diatas. Apakah anda ingin saya menguraikan kelima materi diatas? Saya akan meloncat ke materi yang lain lagi. Salam. Hilal Achmar.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s